Sunday, November 3, 2019

Published 3:06 AM by

Pilih Fasilitas Live Music atau Wifi Untuk Kafe Anda ?

Seiring dengan semakin banyaknya informasi yang terbuka, tren ekonomi Indonesia mempengaruhi perubahan perilaku konsumsi mereka. Kafe menjadi lebih dari sekedar tempat untuk mencari makanan atau minuman yang enak, tetapi untuk berbagai acara seperti pertemuan dengan mitra bisnis, kelas, seminar, pertemuan sosial, pesta, pekerjaan atau sekadar jalan-jalan.
 
Tetapi ada satu hal yang sangat penting yang sekarang dilakukan oleh kebanyakan orang yang mengunjungi kafe: berfoto atau selfie. Hal ini berdampak pada persaingan di sektor bisnis kafe yang sangat ketat. Berbisnis kafe bukan hanya soal makanan dan minuman yang enak, tetapi harus menyajikan lebih dari itu seperti suasana, lokasi, tempat, interior, staf yang baik, dan banyak lagi.
 
Dengan tren milenial sekarang, setidaknya ada dua hal yang akan dilakukan pemilik kafe untuk menarik pengunjung potensial, terutama milenium, yaitu Wifi atau fasilitas musik live. Kedua hal ini tampaknya menjadi kunci kafe saat ini untuk mempertahankan eksistensinya dengan menggunakan salah satu fasilitas, Wifi atau mengundang penyanyi untuk musik live sehingga pengunjung terhibur dan menarik pengunjung lain.

Anda Punya Cafe? Pilih Fasilitas Live Music atau Wifi ?
Bagi Anda yang ingin memulai bisnis kafe, Anda mungkin bertanya-tanya, kafe mana yang lebih baik dengan fasilitas Wifi atau mengadakan musik live? Untuk mengetahui lebih lanjut, mari lihat ulasan kami di bawah ini:

Kebutuhan milenium untuk jaringan internet telah menjadi kebutuhan pokok, bahkan berselancar di dunia maya seolah sudah menjadi gaya hidup mereka. Mulai dari bermain game online, belanja online, mengobrol, atau sekadar mengecek media sosial, semuanya membutuhkan jaringan internet. Itu berarti dengan menyediakan fasilitas Wifi di kafe Anda, secara tidak langsung akan memfasilitasi kebutuhan dan gaya hidup mereka. 

Semakin dekat dengan mereka akan membuat mereka merasa di rumah dan bahkan mengundang orang lain untuk datang ke kafe Anda. Tetapi ada beberapa milenium yang jenuh dengan gaya hidup seperti itu. Menurut mereka gaya hidup yang mengandalkan internet akan mengurangi kualitas waktu orang terdekat. 

Mengunjungi kafe yang awalnya ingin makan, minum, dan mengobrol, tetapi dengan kehadiran Wifi akan membuat mereka sibuk dengan gadget masing-masing. Oleh karena itu, di sinilah kafe dengan fasilitas musik live dapat menarik mereka. Dengan musik live di kafe-kafe Kalian, pengunjung akan bernyanyi bersama, mengobrol sambil mengingat cerita masa lalu mereka dengan lagu-lagu. 

Itu akan membuat pengunjung lebih dekat dengan kerabat terdekat mereka lebih terasa. Jadi acara yang dihimpun di kafe menjadi acara yang sangat berkualitas meski hanya untuk sementara waktu. Tetapi kafe dengan live music bukan tanpa cacat, jika penyanyi di kafe Kalian menyanyikan lagu-lagu yang membuat keributan itu akan membuat pengunjung terganggu karena obrolan antar pengunjung tidak akan terdengar. Musik live yang awalnya menambah kehangatan akan menjadi bumerang bagi kafe Anda.

Jadi mana yang lebih baik? Pada dasarnya kedua hal tersebut sama-sama bagus dan mampu menarik lebih banyak pengunjung jika digunakan dengan batas-batas tertentu seperti dijelaskan di atas. Kafe wifi atau kafe musik live, keduanya sangat tepat tergantung pada apa yang Anda inginkan.

Nah, itulah ulasan sederhana tentang perbedaan antara kafe yang menggunakan fasilitas Wifi atau menggunakan Live Music untuk menarik banyak pengunjung. Bagaimana? apakah kamu tertarik dengan strategi ini?
Read More
      edit

Thursday, October 3, 2019

Published 3:21 AM by

Cara Membangun Identitas Bisnis Kuliner Dengan Internet

Membangun citra merek yang kuat tentu tidak mudah. Dibutuhkan strategi pemasaran yang tepat, membutuhkan waktu yang sangat lama, dan tentunya membutuhkan biaya dukungan yang tidak murah.

Jadi wajar jika banyak bisnis gagal menjalankan bisnis mereka karena mereka belum berhasil menciptakan citra merek yang kuat, sehingga produk yang mereka hasilkan tidak dapat bertahan lama di tengah booming pasar yang berkembang. Kondisi ini merupakan bukti nyata bagi kita bersama, bahwa keberadaan merek menjadi salah satu aset berharga yang akan membawa perusahaan ke puncak keberhasilannya.

Salah satu kunci untuk berhasil membangun citra merek yang baik adalah Anda harus terus melakukan branding promosi di mana-mana, dan Anda melakukannya. Ketika Anda mendengar promosi nama Merek, apa pendapat Anda tentang Merek? Gambar? atau pencitraan, tentu saja ketiga hal tersebut saling terkait dengan branding bisnis produk / jasa Anda.
Di mana di dunia pemasaran, promosi merek mutlak dilakukan. Mengapa? Karena dengan branding promosi kita sebenarnya membuat seseorang menjadi akrab dengan nama kita. Semakin akrab, semakin banyak kepercayaan tumbuh. Jika kita pertama kali mendengar nama merek suatu produk. Akankah kita segera percaya dan berani mencoba membeli produk?

Tetapi jika kita sering mendengar, melihat merek tertentu, baik di iklan, di stiker, di seragam, di buku dan di mana-mana, semakin sering kita bertemu mereka, maka tanpa disadari, kita sebenarnya menjadi lebih akrab dengan merek. Akibatnya, secara tidak sadar, kita mulai menumbuhkan tingkat kepercayaan pertama terhadap suatu merek.

Banyak manfaat yang bisa didapat oleh pelaku bisnis ketika melakukan branding pada promosi produk atau merek yang mereka bangun dengan sukses mendominasi pasar. Berikut adalah beberapa manfaat branding promosi pada perusahaan:
  • Peluang bagi bisnis untuk membedakan produk.
  • Lebih mudah mendapatkan loyalitas pelanggan.
  • Buka peluang Anda untuk menetapkan harga jual yang lebih tinggi.
  • Menjadi karakteristik tertentu yang membedakan produk Anda dari produk pesaing.
  • Memberikan daya tarik khusus bagi pelanggan Anda.
Berbicara tentang identitas bisnis, mungkin yang ada di pikiran Anda adalah logo, situs web, kartu nama, atau mungkin produk yang dijual. Identitas merek bisnis sangat penting sehingga tidak hanya berbicara tentang hal-hal yang disebutkan di atas. Salah satu bisnis yang membutuhkan identitas adalah bisnis kuliner.

Jika Anda memiliki bisnis di bidang kuliner, maka yang harus Anda lakukan tidak hanya fokus pada apa yang dilihat konsumen, tetapi juga apa yang Anda tawarkan kepada mereka. Tentu saja hal selain makanan dan minuman yang Anda jual.

Misalnya, merek terkenal, ada konsumen yang menghabiskan uang besar untuk membeli suatu produk, tentu karena rasa keterikatan pada merek. Selain produk atau layanan yang dijual, konsumen tentu sudah tahu apa yang akan mereka dapatkan ketika membeli produk atau layanan tersebut.

Dalam bisnis kuliner di era modern, Anda juga harus memiliki identitas untuk dapat menarik pelanggan potensial. Cari sesuatu yang bisa ditawarkan kepada mereka selain produk yang Anda jual. Ini artinya calon pelanggan yang akan datang ke restoran atau kafe Anda, Anda akan mendapatkan sesuatu yang lebih dari makanan yang mereka pesan.

Salah satunya dengan menyediakan fasilitas Wifi yang dapat diakses oleh semua konsumen yang datang. Ini karena saat ini, fasilitas Wifi telah menjadi identitas yang tidak hanya membantu konsumen mendapatkan akses internet, tetapi juga dapat menjadi titik penjualan utama restoran / kafe Anda.

Itulah ulasan mengenai Cara Membangun Identitas Bisnis Kuliner Dengan Internet. Selamat mencoba
Read More
      edit

Tuesday, September 3, 2019

Published 3:39 AM by

Cara Menjalankan Bisnis Cafe Wifi Dengan Modal Kecil

Bisnis wifi cafe atau sering kita dengar istilah wifi warkop telah menjadi tren dalam beberapa tahun terakhir. Sampai-sampai pedesaan tidak mau ketinggalan oleh banyak pemuda desa yang membuka toko wifi. Tren kafe dengan konsep memiliki fasilitas wifi bukanlah hal yang baru, tetapi penamaan kafe wifi baru adalah tren saat ini.

Pada dasarnya konsep wifi cafe sama dengan kafe yang seharusnya, tetapi perbedaannya hanya pada prioritas penggunaan. Jika di kafe biasa, prioritas utama bagi pengunjung adalah hanya makan dan minum sambil di internet, tetapi konsep wifi cafe sedikit berbeda karena diprioritaskan untuk internet. Seperti misalnya bermain game online di tim, bekerja menggunakan laptop atau sekadar nongkrong secara normal, sehingga produk makanan dijual hanya untuk menemani pengunjung internet.
Konsep ini unik dan baru, jadi jika Anda tertarik untuk membuka bisnis seperti ini di berbagai daerah pariwisata, akan sangat menarik bagi wisatawan lokal dan internasional untuk mengunjungi kafe wifi Anda sendiri. Terutama wisatawan internasional dengan gaya hidup yang bergantung pada internet, tentu akan senang dengan kehadiran kafe wifi.

Nah, bagi Anda yang ingin berkiprah di dunia bisnis wifi cafe, berikut adalah beberapa tips dan trik pada bisnis wifi cafe dengan modal kecil.
  1. Perhatikan koneksi internet
Konsep wifi cafe tidak akan berjalan jika Anda menentukan layanan wifi yang digunakan. Untuk mendapatkan kecepatan internet yang cepat, Anda harus menyediakan layanan internet kepada publik. Dengan kecepatan internet hingga 100 Mbps, Anda akan memanjakan pengunjung setia Anda. Bermain game online apa pun sesibuk apa pun akan sangat lancar.
  1. Lokasi strategis
Lokasi strategis yang dimaksud adalah lokasi yang mudah dijangkau, mudah dilihat dan juga aman dari gangguan preman, pencuri dan sebagainya. Cari lokasi yang jika tidak memberatkan keuangan Anda, dengan modifikasi sedemikian rupa sehingga tempat-tempat murah bisa terlihat mewah.
  1. Promosi yang efisien
Saat ini promosi tidak boleh menjadi kendala, apalagi target Anda adalah pelanggan yang menyukai internet. Lakukan promosi di berbagai media sosial sehingga Anda dapat menjangkau banyak wisatawan yang sedang berlibur di daerah Anda. Juga menggunakan berbagai iklan lain, seperti iklan Facebook, iklan Google, atau iklan Instagram.
  1. Target Konsumen
Anda harus berpikir dengan hati-hati tentang siapa target pelanggan Anda. Siapa yang akan menjadi konsumen utama bisnis kopi ini. Berapa penghasilannya? Apa yang mereka pikirkan tentang rasa kopi. Apakah mereka? Pelajar, pekerja pasar, borjuis yang suka bertemu di kedai kopi, eksekutif kantor, atau pecinta kopi?

Memahami konsumen akan membantu memetakan teknik selanjutnya. Misalnya lokasi yang tepat, desain kode yang sesuai, dan harga yang tepat untuk kopi Anda. Jika modal Anda kecil dan menargetkan konsumen kelas menengah ke atas. Cari teman atau investor yang ingin mendanai bisnis Anda.

Cara termudah untuk menemukan investor adalah dengan membawa sertifikat tanah atau BPKB kami ke bank. Tetapi ada cara lain yang lebih aman dan lebih efisien. Cobalah ikut serta dalam acara kompetisi rencana bisnis (business plan / kompetisi wirausaha) yang diadakan oleh berbagai lembaga. Misalnya, pengusaha muda mandiri. Jika Anda menang, Anda akan mendapatkan pembiayaan gratis.
  1. Mencari pemasok
Ini adalah hal yang krusial, yang sering dianggap sepele. Jika Anda membuka kopi untuk menargetkan konsumen kelas menengah ke bawah. Anda tidak perlu bingung mencari pemasok, di pasaran ada banyak penjual kopi, baik instan maupun tidak.

Ini berbeda jika Anda menargetkan kelas menengah ke atas. Jika Anda memasukkan jutaan omset per hari, Anda harus menargetkan konsumen ini. Mereka rela membayar mahal, oleh karena itu mereka pantas mendapatkan kopi terbaik yang pernah ada. Anda bisa pergi ke berbagai tempat untuk menemukan kopi yang tepat. Tinggal itu, itu adalah biaya penelitian yang harus Anda lakukan.

Itulah ulasan mengenai Cara Menjalankan Bisnis Cafe Wifi Dengan Modal Kecil. Selamat mencoba
Read More
      edit