Tuesday, September 3, 2019

Published 3:39 AM by

Cara Menjalankan Bisnis Cafe Wifi Dengan Modal Kecil

Bisnis wifi cafe atau sering kita dengar istilah wifi warkop telah menjadi tren dalam beberapa tahun terakhir. Sampai-sampai pedesaan tidak mau ketinggalan oleh banyak pemuda desa yang membuka toko wifi. Tren kafe dengan konsep memiliki fasilitas wifi bukanlah hal yang baru, tetapi penamaan kafe wifi baru adalah tren saat ini.

Pada dasarnya konsep wifi cafe sama dengan kafe yang seharusnya, tetapi perbedaannya hanya pada prioritas penggunaan. Jika di kafe biasa, prioritas utama bagi pengunjung adalah hanya makan dan minum sambil di internet, tetapi konsep wifi cafe sedikit berbeda karena diprioritaskan untuk internet. Seperti misalnya bermain game online di tim, bekerja menggunakan laptop atau sekadar nongkrong secara normal, sehingga produk makanan dijual hanya untuk menemani pengunjung internet.
Konsep ini unik dan baru, jadi jika Anda tertarik untuk membuka bisnis seperti ini di berbagai daerah pariwisata, akan sangat menarik bagi wisatawan lokal dan internasional untuk mengunjungi kafe wifi Anda sendiri. Terutama wisatawan internasional dengan gaya hidup yang bergantung pada internet, tentu akan senang dengan kehadiran kafe wifi.

Nah, bagi Anda yang ingin berkiprah di dunia bisnis wifi cafe, berikut adalah beberapa tips dan trik pada bisnis wifi cafe dengan modal kecil.
  1. Perhatikan koneksi internet
Konsep wifi cafe tidak akan berjalan jika Anda menentukan layanan wifi yang digunakan. Untuk mendapatkan kecepatan internet yang cepat, Anda harus menyediakan layanan internet kepada publik. Dengan kecepatan internet hingga 100 Mbps, Anda akan memanjakan pengunjung setia Anda. Bermain game online apa pun sesibuk apa pun akan sangat lancar.
  1. Lokasi strategis
Lokasi strategis yang dimaksud adalah lokasi yang mudah dijangkau, mudah dilihat dan juga aman dari gangguan preman, pencuri dan sebagainya. Cari lokasi yang jika tidak memberatkan keuangan Anda, dengan modifikasi sedemikian rupa sehingga tempat-tempat murah bisa terlihat mewah.
  1. Promosi yang efisien
Saat ini promosi tidak boleh menjadi kendala, apalagi target Anda adalah pelanggan yang menyukai internet. Lakukan promosi di berbagai media sosial sehingga Anda dapat menjangkau banyak wisatawan yang sedang berlibur di daerah Anda. Juga menggunakan berbagai iklan lain, seperti iklan Facebook, iklan Google, atau iklan Instagram.
  1. Target Konsumen
Anda harus berpikir dengan hati-hati tentang siapa target pelanggan Anda. Siapa yang akan menjadi konsumen utama bisnis kopi ini. Berapa penghasilannya? Apa yang mereka pikirkan tentang rasa kopi. Apakah mereka? Pelajar, pekerja pasar, borjuis yang suka bertemu di kedai kopi, eksekutif kantor, atau pecinta kopi?

Memahami konsumen akan membantu memetakan teknik selanjutnya. Misalnya lokasi yang tepat, desain kode yang sesuai, dan harga yang tepat untuk kopi Anda. Jika modal Anda kecil dan menargetkan konsumen kelas menengah ke atas. Cari teman atau investor yang ingin mendanai bisnis Anda.

Cara termudah untuk menemukan investor adalah dengan membawa sertifikat tanah atau BPKB kami ke bank. Tetapi ada cara lain yang lebih aman dan lebih efisien. Cobalah ikut serta dalam acara kompetisi rencana bisnis (business plan / kompetisi wirausaha) yang diadakan oleh berbagai lembaga. Misalnya, pengusaha muda mandiri. Jika Anda menang, Anda akan mendapatkan pembiayaan gratis.
  1. Mencari pemasok
Ini adalah hal yang krusial, yang sering dianggap sepele. Jika Anda membuka kopi untuk menargetkan konsumen kelas menengah ke bawah. Anda tidak perlu bingung mencari pemasok, di pasaran ada banyak penjual kopi, baik instan maupun tidak.

Ini berbeda jika Anda menargetkan kelas menengah ke atas. Jika Anda memasukkan jutaan omset per hari, Anda harus menargetkan konsumen ini. Mereka rela membayar mahal, oleh karena itu mereka pantas mendapatkan kopi terbaik yang pernah ada. Anda bisa pergi ke berbagai tempat untuk menemukan kopi yang tepat. Tinggal itu, itu adalah biaya penelitian yang harus Anda lakukan.

Itulah ulasan mengenai Cara Menjalankan Bisnis Cafe Wifi Dengan Modal Kecil. Selamat mencoba
      edit